Uncategorized

Mengapa Kayu Jati Harganya Mahal

4 Alasan Mahalnya Harga Kayu Jati

Apa alasan mahalnya harga kayu jati? Terutama jenis kayu jati asli atau jati perhutani yang telah berumur lama. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis jati emas atau jati kampung yang usianya tidak setua jati perhutani. Biasanya harga jati emas atau jati kampung lebih murah. Disamping itu semua pada dasarnya apa kelebihan dan kelemahan dari kayu jati sehingga membuat harganya mahal dipasaran?

Berikut ini akan dijelaskan empat alasan yang membuat harga kayu jati terutama jati tua atau jati perhutani begitu melonjak.

  1. Tingkat kekuatan Kayu jati

Kayu jati terbukti sangat kuat dan juga tahan terhadap pengaruh cuaca seperti panas, sengatan matahari, dan hujan. Hal ini membuat kayu jati selalu dijadikan pilihan utama bagi industri-industri mebel. Kayu jati bisa digunakan untuk  furniture indoor maupun outdoor. Bagian bangunan yang menggunakan kayu seperti lantai kayu dan decking untuk teras atau dekat kola renang menjadi pilihan terbaik menggunakan kayu jati. Berbeda dengan jenis lantai kayu parket jenis kayu lainya yang tidak sekuat kayu jati.

  1. Tingkat keawetan kayu jati

Tingkat keawetan kayu jati sudah diakui di seluruh dunia. Keawetan ini ditunjukkan oleh banyak aspek yang terdapat pada kayu jati. Pertama, kayu jati tidak mudah lapuk. Kedua, kayu jati tidak mudah berubah bentuk oleh perubahan cuaca, walaupun ditempatkan di tempat yang lembab bahkan tanpa melalui proses pengawetan sekalipun. Dan yang ketiga, kayu ini tidak disukai oleh rayap atau serangga perusak kayu lainnya. Anda mungkin tak pernah memperhatikan, tapi bagi yang mempunyai perabot kayu jati di rumah, cobalah untuk memperhatikan di mana rayap biasanya bersarang di rumah Anda.  Pada furniture dari jati atau dari jenis kayu lainnya?

  1. Tingkat Keindahan kayu jati

Kayu jati memiliki nilai dekoratif yang sangat tinggi. Keindahan ini sangat unik dan tidak bisa dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Inilah yang membuat harga kayu jati sangat melonjak dari segi estetika. Dengan kehalusan tekstur dan keindahan warna kayunya, jati digolongkan sebagai kayu mewah. Oleh karena itu, jati banyak diolah menjadi furniture, kerajinan, panel, ukiran, bahkan untuk sekedar kusen pintu atau jendela dan anak tangga yang berkelas. Kayu jati selalu menjadi pilihan utama untuk memproduksi jenis produk yang berkualitas baik. Bila dirawat dengan baik, perabot jati juga tak akan pernah memudar keindahannya. Bahkan makin antik seiring dengan pertambahan usianya.

  1. Tingkat Kemudahan proses pengerjaan kayu jati

kayu jati merupakan jenis kayu pertukangan yang sangat mudah diolah. Meskipun keras dan kuat, kayu jati mudah dipotong serta dikerjakan. Ini membuat kayu jati sangat disukai para pengrajin sekaligus membuat harga kayu jati menjadi naik. Setelah diampelas biasanya kayu memiliki permukaan yang licin dan seperti berminyak. Karena itulah kebanyakan pekerja atau tukang lebih suka mengerjakan kayu jati dari pada mengerjakan jenis kayu pertukangan lainnya seperti kayu akasia maupun kayu merbau

Itulah empat asalan mengapa harga kayu jati bisa mahal. Dengan fakta ini, seyogyanya kita bisa bersikap bijak ketika memiliki perabot dari jati di rumah. Misalnya, dengan merawat kayu jati agar kondisinya selalu menarik setiap saat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *